Jelang Penilaian Maturitas SPIP dan Evaluasi AKIP, Inspektorat Melaksanakan Acara Entry Meeting di Hotel Mercure Sabang

  
      Pada Tahun 2022, Pelaksanaan Penilaian Maturitas SPIP dan Evaluasi AKIP dilaksanakan secara bersamaan. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara Pasal 58 Ayat (1) dan (2), Presiden selaku Kepala Pemerintah mengatur dan menyelenggarakan Sistem Pengendalian Intern (SPI) di lingkungan pemerintah secara menyeluruh. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara. SPI sendiri diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP).
      Dalam rangka pengawasan tugas fungsional Penguatan Implementasi SPIP Tahun 2021 melalui Penilaian Mandiri (PM) Maturitas pada Unit Kerja di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Inspektorat melaksanakan kegiatan Penguatan Implementasi SPIP ini dimulai dengan entry meeting. Kegiatan entry meeting digelar pada tanggal 1 November 2022 di Hotel Mercure Sabang, Jakarta Pusat. Pada kegiatan tersebut dihadiri oleh Inspektur sekaligus memberikan sambutan. Narasumber yang diundang untuk mensosialisasikan SPIP Terintegrasi adalah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh setiap Kepala Bidang Program dan Tata Kelola di kedeputian lingkungan Kemenko Perekonomian dan Pejabat/Pegawai pada Kelompok Substansi Fasilitas Penguatan Kinerja.
      Entry Meeting Penilaian Maturitas SPIP merupakan salah satu tahap penting dalam Penilaian Maturitas SPIP karena kegiatan ini adalah bentuk komunikasi awal antara tim pemeriksa dengan entitas yang diperiksa. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk mewujudkan kesamaan persepsi terhadap pelaksanaan pemeriksaan. Setelah entry meeting dilaksanakan, setiap unit kerja sudah bisa mulai melaksanakan PM. Penilaian SPIP terdiri dari 3 komponen yaitu penetapan tujuan, struktur dan proses, dan pencapaian tujuan. Periode Penilaian Maturitas SPIP dari tanggal 1 Juli tahun sebelumnya sampai dengan tanggal 30 Juni tahun berjalan. 
     Entry Meeting Evaluasi SAKIP membahas 3 kriteria komponen yang masing-masing memiliki bobot tersendiri. Komponen tersebut antara lain Perencanaan Kinerja (40%), Pengukuran Kinerja (40%), dan Pelaporan Kinerja (20%). Masing-masing komponen dibagi lagi menjadi 3 sub komponen. Inspektorat dan Unit Kerja yang dievaluasi membahas dokumen yang dibutuhkan di tiap komponen agar evaluasi dapat berjalan dengan lancar dan tidak muncul pertentangan pemahaman kedepannya.