HAKORDIA 2021: Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi



     Inspektorat merupakan pihak yang berperan penting dalam pencegahan korupsi dan pembangunan budaya antikorupsi khususnya di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Berbagai langkah pencegahan sudah dilakukan diantaranya adalah implementasi Survei Penilaian Integritas (SPI) yang dilakukan oleh KPK, berperan aktif dalam Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK), menyediakan layanan pengaduan yang dapat diakses melalui website inspektorat.ekon.go.id, live chat layanan pengaduan, dan pemantauan harta kekayaan pegawai melalui LHKPN dan LHKASN.

     Sebagai bagian dari semangat bersatu padu dalam membangun budaya anti korupsi, Inspektorat mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021 yang dimulai dengan kegiatan Winter Youth Camp. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 22 Oktober 2021 di Hotel Grand Mercure Jakarta dengan mengundang 127 pegawai muda Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian lulusan dari DI dan DIII PKN STAN angkatan tahun 2016 - 2021. Generasi-generasi muda inilah yang diharapkan mampu untuk tetap teguh memegang integritas dalam membangun pemerintahan Indonesia kedepannya.

     Kegiatan berikutnya adalah Lomba Design Kampanye Antikorupsi yang terbuka bagi seluruh pegawai di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Sebelum lomba ini dimulai, Inspektorat mengadakan Webinar Tips dan Trik Design Menggunakan Canva pada tanggal 10 November 2021 dengan pembicara Fiony, pemilik akun @canvaninja di Instagram. Webinar serta lomba design ini bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi bagi pegawai di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan tetap membawa pesan semangat antikorupsi.