Inspektorat Lakukan Quality Control Hasil Sementara Telaah Sejawat dengan AAIPI



Selasa, 7 Desember 2021, Inspektorat mengundang Komite Telaah Sejawat dari Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) untuk melakukan quality control bersama atas hasil sementara telaah sejawat terhadap Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Acara yang dihadiri oleh Ketua Komite Telaah Sejawat tersebut diselenggarakan secara daring melalui zoom.

Mengacu pada Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI), Telaah Sejawat merupakan kegiatan yang dilakukan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam rangka penjaminan dan pengembangan mutu Instansi tersebut yang dilaksanakan oleh instansi APIP lain. Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mendapatkan mandat dari AAIPI untuk melakukan telaah sejawat terhadap Inspektorat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Penilaian dilakukan atas kesesuaian dengan Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia (SAIPI) yang terdiri dari Standar Atribut dan Standar Pelaksanaan. Nilai yang telah diperoleh kemudian diambil simpulan tingkat kesesuaian dengan standarnya. Kategori simpulan penilaian telaah sejawat ada lima yaitu Sangat Kurang (0 – 54%), Kurang (55% – 64%), Cukup (65% – 79%), Baik (80% – 89%, dan Sangat Baik (90% – 100%). Hasil penilaian telaah sejawat selain dijadikan dasar pengembangan bagi instansi yang ditelaah juga dapat dijadikan bahan pembelajaran bagi instansi yang menelaah.