Winter Youth Camp: Serunya Membangun Integritas Bersama

Winter Youth Camp yang diselenggarakan pada hari Jumat, 22 Oktober 2021 dan bertempat di Hotel Grand Mercure Jakarta merupakan acara yang diadakan oleh Inspektorat dalam rangka Peringatan Hari Anti Korupsi yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2021. Acara ini mengundang 127 pegawai Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian lulusan dari DI dan DIII PKN STAN angkatan tahun 2016-2021. Latar belakang pemilihan peserta dari lulusan PKN STAN karena memiliki kesamaan pendidikan, lingkungan, umur, serta sekitar 20 persen dari populasi ASN di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berasal dari PKN STAN. Demi tetap menjaga protokol kesehatan, sebelum acara dimulai seluruh peserta wajib untuk melakukan swab antigen di lokasi yang difasilitasi oleh Poliklinik.

Acara dimulai pukul 13.30 WIB dan dibuka secara langsung oleh Inspektur Mirza S. Mashudi. Sesi pertama dibawakan oleh Kasubbag Tata Usaha Inspektorat, Miftah Ariffianto, mengenai anti korupsi dan layanan serta fitur Sistem Informasi Manajemen Inspektorat (SIMI). SIMI merupakan website resmi Inspektorat yang memberikan layanan live chat konsultansi dan layanan pengaduan. Berdasarkan road map Kementerian PAN dan RB, SIMI akan diintegrasikan dengan Whistleblowing System dari KPK dan aplikasi LAPOR dari Kementerian PAN dan RB.

Sesi berikutnya dibawakan oleh Auditor Muda dari Inspektorat yaitu Cintaka. Auditor Cintaka mengajak peserta untuk senantiasa berpikir dan berprasangka positif sehingga energi positif yang dihasilkan mampu digunakan untuk melaksanakan pekerjaan dengan baik. Selain itu, ditampilkan juga video tutorial cara melakukan pelaporan pengaduan melalui SIMI. Auditor Cintaka memberikan 3 buah hadiah menarik bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan.

Sebelum memasuki sesi terakhir, seluruh peserta mengikuti serangkaian permainan ala Squid Game untuk memperebutkan 3 hadiah utama. Permainan berlangsung dengan sangat seru. Sesi terakhir dimulai pukul 19.30 WIB dengan narasumber dr. John Lanang, seorang dokter rehabilitasi narkoba dan certified hypnosis serta hypnotherapist. Dr. John Lanang membawakan materi mengenai jenis-jenis kepribadian. Memahami kepribadian merupakan langkah penting untuk menempatkan diri dalam lingkungan pekerjaan. Mengetahui kepribadian diri sendiri ditambah dengan integritas akan memberikan nilai tambah bagi pegawai dalam memberikan pengaruhnya dalam lingkungan pekerjaan. Pembawaan yang menarik dari dr. John Lanang membuat sesi terakhir sangat menyenangkan dan pesannya tersampaikan dengan baik.