Inspektorat Dampingi Pelaksanaan Evaluasi Reformasi Birokrasi



    Evaluasi Reformasi Birokrasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dilaksanakan secara daring melalui Zoom oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) pada hari Selasa, 21 September 2021. Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah melakukan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) secara online. Evaluasi terbagi menjadi dua yaitu evaluasi tingkat kementerian dan evaluasi tingkat kedeputian.

    Evaluasi RB tingkat kementerian dipimpin secara langsung oleh Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono. Bertempat di Ruang Rapat Kahuripan, Sesmenko didampingi oleh Inspektur, Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Kepala Biro Umum, Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan, Kepala Bagian RB, Kepala Bagian Ortala, dan Kepala Bagian SDM untuk melakukan evaluasi RB tingkat kementerian secara daring.

    Evaluasi RB tingkat kedeputian tidak dilakukan oleh seluruh kedeputian tetapi hanya dilakukan oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, dan Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri. Evaluasi tersebut dilakukan secara terpisah di kelas Zoom yang berbeda untuk setiap kedeputian. Selain perwakilan dari kedeputian, evaluasi juga dihadiri oleh perwakilan dari Inspektorat, Bagian RB, Bagian Ortala, Bagian Hukum I & II, dan Bagian SDM.

    Evaluasi yang bertujuan untuk menyamakan pemahaman antara Kementerian PAN dan RB dengan hasil PMPRB online yang dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian berjalan dengan lancar. Hasil evaluasi belum bisa disampaikan secara langsung tetapi kami berharap ada peningkatan nilai dari tahun sebelumnya.